빨리 빨리 문화

Kalian pasti sering banget denger orang Korea ngomong 빨리 빨리 (ppali ppali) yang punya arti ‘cepat-cepat’. Penasaran gak siy kenapa orang Korea suka banget sama 빨리 빨리? Mimin punya banyak temen orang Korea (karena pernah tinggal dan kerja di sana) dan bisa dibilang 95% dari temen Korea mimin semuanya hobi banget ngomong 빨리 빨리, kalau jalan juga 빨리 빨리, waktu pesen makan, makanan juga harus keluar 빨리 빨리. Sampai mimin suka mikir kenapa ya hidupnya gak bisa santai amat? Kenapa harus buru-buru ya? Setelah bertanya ke beberapa temen Korea mimin dan melakukan penelitian dari beberapa sumber, Mimin menyimpulkan alasan kenapa orang Korea suka 빨리 빨리 ada 4 macam. Apa aja kah itu? Yuk kita simak bareng-bareng.

Letak Geografis Korea Selatan

Apa yang salah sama letak geografis Korea Selatan? Dari sejak jaman dulu, Korea Selatan punya letak geografis yang paling strategis untuk diserang dari segala macam arah (kasian banget ya?). Mulai dari Korea Utara (perang saudara tiada akhir), serangan dari Cina yang bisa dibilang merupakan negara adikuasa di Asia Utara pada zaman perang dulu, serangan dari Jepang yang dimulai dari sejak jaman tiga kerajaan di Korea (Kerajaan Goguryeo, Silla dan Baekjae). Keadaan negara yang selalu dipenuhi oleh ketegangan di mana mereka harus selalu siap menghadapi serangan yang datang dari mana pun juga, perlahan-lahan membentuk watak orang Korea yang tidak bisa diam dan menunggu, tetapi lebih memilih untuk selalu bergerak terlebih dulu, sehingga lama kelamaan membentuk watak mereka yang selalu terkesan terburu-buru dalam melakukan sesuatu.

Banyaknya Harimau di Korea Jaman Dulu

Walaupun sekarang Korea Selatan engga lagi memiliki harimau dalam jumlah banyak (bahkan bisa dibilang engga ada?), lain halnya waktu jaman dinasti Joseon awal dulu. Karena memang letak Korea Selatan berada di kawasan pegunungan, dan mengingat banyaknya jumlah harimau di daerah Korea Selatan pada jaman dulu, tidak jarang harimau-harimau buas tersebut keluar dari gua mereka dan memangsa para penduduk yang tinggal di sekitar. Saking seringnya penduduk terganggu dan merasa takut sama serangan harimau yang terlalu sering terjadi, jaman dulu bahkan di Korea ada kata-kata 호환 (bencana harimau) yang beredar di kalangan masyarakat. Bayangin aja, harimau uda disamakan sama bencana (alam), bisa kebayang kan seberapa seriusnya serangan harimau yang dialami oleh penduduk Korea pada jaman itu. Karena banyaknya serangan harimau itu sehingga muncullah kata-kata 빨리 빨리 옮직이지않으면 호랑이 먹힌다 yang artinya, kalau engga bergerak cepat nanti akan dimakan oleh harimau. Ini adalah alasan nomer dua kenapa orang Korea cenderung bergerak cepat dan berjiwa 빨리 빨리.

Dinginnya Cuaca

Apa lagi hubungannya ama cuaca? Kembali lagi ke jaman dulu, Korea Selatan merupakan negara yang bisa dibilang engga begitu kaya akan hasil alamnya, sehingga menurut informasi dari temen mimin, orang Korea cenderung harus banyak beraktifitas untuk menghasilkan hasil alam yang bisa dimakan (terutama ketika jaman musim dingin) dan kalau kalian sadar, Korea bisa dibilang memiliki cuaca yang hampir selalu dingin (kecuali pas lagi musim panas). Jadi di kala musim dingin yang gersang, kalau orang Korea engga bergerak cepat (dalam arti banyak beraktifitas untuk menanam ataupun mencari makanan), mereka engga kan bisa menemukan hasil makanan, sehingga di mana pada akhirnya mereka bisa aja mati kelaparan.

Keadaan Setelah Peperangan

Setelah tiga alasan di atas (yang sudah dimulai dari jaman bahala) memicu kenapa orang Korea seneng sekali bergerak cepat dan terburu-buru dan engga sabar menunggu, alasan paling terakhir dalam kesimpulan mimin ini berkaitan dengan keadaan setelah peperangan. Setelah melalui masa perang yang berkepanjangan, orang Korea akhirnya berhasil memerdekan diri mereka sendiri. Tapi setelah merdeka, di sinilah di mana sebuah negara harus mulai memikirkan bagaimana membangun dan mengkonstruksikan negaranya, termasuk juga Korea Selatan yang merdeka di tahun 1945 dari penjajahan Jepang waktu itu, akhirnya harus mulai memikirkan bagaimana caranya membuat diri mereka menjadi negara yang lebih maju. Sifat orang Korea Selatan yang memang sudah buru-buru dari sananya, ditambah lagi semakin banyak urusan dan masalah yang harus dibereskan setelah jaman peperangan, ini membuat mereka lebih-lebih lagi memiliki sifat yang terburu-buru. Namun, menurut mimin, sifat terburu-buru mereka untuk aspek mereka yang satu ini punya nilai lebih. Kenapa? Karena berkat sifat mereka yang buru-buru ini, mereka yang dulunya sama terbelakangnya sama negara-negara di Asia Tenggara, sekarang bisa jauh lebih maju dibanding kita. Menurut masukan dari temen-temen mimin dan mantan atasan di tempat kerja mimin dulu, hal ini juga yang memicu kenapa orang Korea Selatan cenderung memandang sebelah mata / memandang rendah orang Asia Tenggara (kecuali negara Singapura), karena mereka merasa mereka lebih rajin dan lebih unggul dari kita yang merdeka dan baru sama-sama membangun negara di tahun 1945, tetapi mereka telah lebih dulu berhasil menjadi negara maju.

Di atas adalah empat alasan yang menurut mimin memicu kenapa orang Korea hobby banget sama segala sesuatu yang berbau 빨리 빨리.

Terima kasih uda membaca sampai akhir artikel ini, jangan lupa di like dan di share ya~!

by ssemQ