Pasti banyak kan di antara kamu yang hobi makan makanan Korea? Mimin juga salah satu makhluk yang demen banget sama makanan Korea. Tapi, berapa banyak jenis makanan Korea yang kalian ketahui? Dan makanan Korea yang mana siy yang merupakan favorit kalian? Mimin bakal kenalin beberapa jenis makanan Korea di bawah ini, yuk ikutan ngintip apa kalian uda pernah nyobain semuanya?

닭갈비 (Dalk Gal Bi)

Nah, karena ada kata 닭 (Dalk), berarti makanan Korea yang satu ini pasti ada hubungannya sama ayam, karena 닭 itu artinya ayam. Masakan ayam yang satu ini datang dari daerah Chuncheon dan bisa dibilang merupakan makanan khas daerah sana. Biasanya dimasak sama berbagai macam sayuran, wortel, kentang dan potongan ubi, engga lupa dipakein saos merah ala korea, jadi rasanya pedes, manis, gurih. Apalagi kalau ditambah topping cheese, rasanya yummy banget. Bisa makan di mana makanan Korea ini?

Ada tempat yang namanya Yoogane di Lotte Avenue, Yoogane ini adalah salah satu chain restaurant untuk makan dalkgalbi yang lumayan terkenal di Korea Selatan yang bisa ditemukan di Jakarta. Cuma kalau mau jujur… rasanya gak seenak yang di Korea siy. Harganya lebih mahal dan rasanya juga kurang. Tapi buat yang bener-bener kepengen nyoba boleh dicoba datengin.

곱창구이 (Gobchang Gui)

Ini juga adalah salah satu makanan Korea kesukaan mimin yang sebenarnya bisa dimakan dengan harga yang lumayan ramah di kantong di Korea tapi harganya bisa jadi selangit kalau makan di restoran Korea yang ada di Jakarta. Jadi belum tentu setahun makan sekali makanan ini kalau lagi di Jakarta. Karena ada kata 구이 (gui) yang berasal dari kata 굽다 (gubda) yang merupakan kata dasar dari kosakata yang artinya grill, semua nama makanan yang ada tulisan ini biasanya merupakan makanan yang cara masaknya di grill. Demikian juga makanan yang satu ini.

Dari beberapa tempat yang pernah mimin coba di Jakarta, menu satu ini paling enak kalau dicoba di restoran Gahyo yang terletak di kawasan SCBD. Alamatnya ada di bawah ini:

파전 (Pa Jeon)

Makanan Korea yang lebih dikenal dengan nama Korean Pancake ini mungkin uda engga gitu asing lagi di telinga kalian. Uda sering makan kan? Tau gak kapan orang Korea paling suka makan Pajeon / Korean Pancake ini? Biasanya di waktu hujan, orang Korea banyak banget yang hobi makanin ini ditemenin sama sebotol 막걸리 (makgeolli), rasanya aduhaii banget. Tapi mimin tetep lebih hobi menikmati secangkir teh hangat atau susu coklat hangat waktu hujan lagi turun.

Di Korea ada daerah yang namanya 회기 (Hoegi) station di mana ada satu gang yang isinya adalah rumah makan Korean Pancake semuanya. Hampir semua restoran Korean Pancake yang ada di sepanjang jalan itu rasanya cihui semua. Kalau kalian ada kesempatan buat ngunjungin daerah itu waktu di Korea, kalian boleh mampir ke restoran yang satu ini, karena menurut mimin dan beberapa Oppa Korea kenalan mimin, restoran Korean Pancake yang satu ini masih belum bisa dikalahkan oleh restoran lainnya.

닭볶음탕 (Dalk Bokkeum Tang)

Masih inget makanan Korea yang mimin kenalin di atas? Kalau ada tulisan 닭 artinya makanan ini ada hubungan sama ayam. Demikian pula dengan makanan yang satu ini. Makanan yang satu ini punya nama lain 닭도리탕 (Dalk Dori Tang) jadi kalau kalian lihat menu makanan dengan nama ini ataupun Dalk Bokkeum Tang, jangan bingung ya, karena keduanya merupakan makanan yang sama. Nah, masakan Korea yang kali ini merupakan makanan berkuah. Jadi ayam yang direbus bareng sayur-sayuran (umumnya kentang sama daun bawang) di kuah yang pedes. Waktu mimin lagi di Korea kemarin restoran chain di bawah ini lagi in karena kalian bisa mengatur sendiri level kepedesan dari kuahnya. Mimin saranin di level 1.5 buat kalian yang demen pedes tapi gak suka pedes yang terlalu berlebihan.

간장게장 (Ganjang Gejang)

Makanan Korea terakhir yang mimin bahas hari ini adalah makanan yang mungkin masih terdengar asing di telinga kalian, tapi sebenernya ini adalah makanan yang bisa dibilang mungkin merupakan makanan yang disukai hampir semua orang Korea. Bahkan dia punya julukan ‘si pencuri nasi’ lowh~! Karena kalau kalian makan makanan Korea yang satu ini, porsi nasi yang kalian makan pasti bakal lebih banyak dari porsi biasanya. Kenapa? Karena makanan yang satu ini kalau dimakan sama nasi rasanya poll banget enaknya. Mimin yang gak gitu demen nasi aja bisa ngabisin 1.5 mangkok nasi lowh kalau lagi ada hidangan ini di depan mata. Hebat kan?

Buat yang satu ini, kayaknya masih jarang banget ditemuin di Indonesia, dan kalopun nemu orang Korea yang jualin makanan ini lewat online, rasanya amburadul banget, jadi mendingan gak usa makan deh kalau kalian berencana nyobain yang ada di Indonesia. Kalau di Korea ada beberapa tempat yang bisa kalian kunjungi, bisa kalian liat di sini.

Dari beberapa makanan yang mimin bahas di atas, makanan Korea mana yang kira-kira paling kalian suka atau yang paling pengen kalian coba?

Jangan lupa di like kalau suka artikel ini dan tinggalin comment di bawah ya~